Jumat, 30 Desember 2011

Do and Don’t Things About Blogging



Ambil gambar dari : writing-a-blog.blogspot.com

DO :

1)       Rajin posting

Yang ini mah udah jelas dah yee.. Dengan kita rajin posting sesuatu di blog, kita sama aja kayak merawat blog kita sendiri. Andai kata blog itu tanaman, maka rajin posting itu ibarat pupuknya. Semakin banyak posting yang kita publish, semakin blog kita berkembang.

Isi postingnya bisa macam-macam. Beberapa tipe blog yang paling gue sukai adalah blog hobi, blog info, dan blog pribadi. Nah, terserah dah tuh mau bikin blognya yang kayak gimana. Nggak usah mikir terlalu serius buat isi postingan blognya. Yang penting datangnya dari hati (ngok!)

2)      Blog walking

Seeh, judulnya serem ye.. Blog berjalan. Beuh, gimana caranya coba tuh blog bisa jalan-jalan?? Kan dia nggak punya kaki!!! Hehe.. :3

Gue yakin blogger-blogger jaman sekarang udah pada pinter-pinter dan udah pada ngerti istilah ini. Yowh, jadi ini tuh maksudnya kita mengunjungi blog milik blogger lain. Abis itu kita komen postingannya, atau isi shoutmix chatnya dengan ajakan untuk mengunjungi blog kita.

Walaupun gue menyarankan hal ini, tapi gue sendiri bukan tipe orang yang demen blog walking. Maklum, gue kan anaknya belagu gitu ceritanya *dikecup pantat kuali* Gue suka banget liat-liat blog orang sebenernya, cuma gue itu pengunjung tipe ninja. Gue nggak suka meninggalkan jejak. Bahkan gue suka mengendap-endap kalo lagi liat-liat blog orang. Eh.. ntar dulu. Ini ninja apa maling??


3)      Promosi dan aktif.

Biar ngeblog lebih semangat, nggak ada salahnya kita promosi dikit tiap ada postingan yang baru. Sekarang ini, ada banyak fasilitas yang bisa kita manfaatkan buat promosi. Ada forum khusus blogger kayak blogfam, Indonesia Blogger, blogdir, Blog Indonesia, dsb.

Di twitter sendiri ada berbagai macam akun untuk mempromosikan blog kita, salah satunya @updateblog. Atau bisa juga submit link Blog kita di VivalogNggak usah malu dan ngerasa minder ama blog kita. Tapi jujur, gue ini sebenernya  minderan. Gue punya blog taon 2010, tapi baru bener-bener gue urus pas belakangan ini. Dan gue masih inget betapa girangnya gue, pas blog gue pertama kali dikomen ama salah satu mimin di Blogfam. Itu sesuatu banget, men. *mata berkaca-kaca, ngelap ingus*

Tau bahwa ternyata ada orang yang ngebaca tulisan kita itu, adalah mood booster paling penting buat para blogger pemula. Yah, kayak gue ini..

4)      Aktualisasi dan Inovasi

Biar nggak bosen, sesekali gantilah template blogger kita. Perbarui tampilan, tambahin beberapa gadget yang berguna. Sama kayak bloggernya, blog juga perlu sesekali diperbarui tampilannya. Tapi nggak usah tiap seminggu sekali ganti, itu centil namanya.

Posting mengenai hal-hal yang aktual seperti ‘kenapa bumi itu bulat dan benarkah bulu matanya Syahrini hanya dua lapis?’ itu perlu juga sesekali. Hal-hal yang aktual itu biasanya lebih diminati pengunjung blog.

Jangan cepat berpuas diri, teruslah berinovasi.

5)      Be Orisinal

Terinspirasi boleh, tapi jadilah orisinal. Maksud gue, orang kan beda-beda. Kenapa mesti nyamain dan dimirip-miripin?? Setiap orang kan punya pengalaman sendiri-sendiri. Punya pendapat sendiri-sendiri. Punya gaya bahasa sendiri-sendiri. Punya keanehan sendiri-sendiri. Jadi harusnya dunia perbloggingan ini bisa kaya dengan keberagaman blogger tadi.


Terus jangan keseringan copas. Usahain untuk baca berbagai sumber tentang tema yang sama lalu tambahin dengan pemikiran sendiri. Ini blog lu, men. Kenapa mesti posting tulisan orang?! Ya, nggak?!

Selanjutnya tinggal pikirin deh, dimana sih letak keistimewaan blog kita. Blog kita harus punya ‘sesuatu’ yang menarik, yang bisa bikin orang inget ama blog kita. Membuat orang datang berkunjung ke blog itu, nggak sesulit membuat mereka balik lagi baca blog kita.

DON’T :

1)      Typo (type error).

Maap semaap-maapnya, tapi gue paling nggak suka ama blog yang banyak typonya. Gue sendiri, berusaha keras untuk menghindari typo. Tiap abis posting gue selalu baca ulang postingan gue. Kenapa gue nggak suka typo?? Karena typo itu bisa bikin salah paham. Padahal Blog itu image dari diri Blogger itu sendiri.

Bayangin kalo kalimat “Gue kehilangan kontrol” sampe salah tulis. Atau “Gue dan dia sama-sama suka parno”.  Ini bahaya, men!! Bisa-bisa blog itu dicekal karena dikira lagi nyebarin konten-konten dewasa.

Jadi, berhati-hatilah sama yang namanya typo!
**Gue baca ulang sepuluh kali, kalimat contoh yang gue tulis. Buat mastiin kalo R nya masih pada tempatnya, dan A nya nggak berubah jadi O.

2)      Alayisme.

Gue nggak benci ama alay. Juga nggak merasa terganggu ama keberadaan mereka. Buat gue alay itu adalah salah satu kebebasan remaja untuk mengekspresikan dirinya. Tapi, please jangan bikin blog yang tulisannya pake bahasa Cybertron.

Contoh pengunaan bahasa Cybertron dalam blog:Salam alay : hAi...hAi...seMua...... wELcOmE 2 mY bLog... hMmM,,,,aQuUwH Lg iSeNk nIyH...
Curhat Alay : ako thyank dy.. tp ako gagh mW ktmu dy.... AlNa Dy daGh jHad Am Ako.....

Gue nggak melarang penggunaan bahasa alay dalam Facebook. Tapi, kalo blog.. Aduh jangan deh!! Gue nggak yakin semua orang sanggup ngebaca curhatan galau pake tulisan hypograph, tanpa pingsan.

3)      Tampilan Super Ngejreng

Gue ngerti, setiap blogger pengen yang terbaik untuk blognya. Tapi kalo warna backgroundnya terlalu nyala, terlalu banyak pernak-pernik, terlalu banyak ini itu, gue nggak yakin orang yang mampir ke blog itu bakal bertahan lebih dari 30 detik. Kecuali si pemilik blognya itu sendiri.

Nggak perlu berlebihan ngehias blognya. Kita nggak lagi ikut lomba 'menghias blog' Tujuh Belasan kok. Pilih tampilan yang soft, yang nggak bikin sakit mata kalo diliat lama-lama. Juga jangan pasang aplikasi 'setel lagu' yang auto play. Kalo mau pasang, nggak apa-apa. Tapi disetting dulu, biar nggak ngagetin pengunjung. Kalo playlistnya isinya lagu A7x ama Bfmv semua, terus yang mampir anak Kpopers. Apa nggak shock tuh anak Kpopersnya??

4)      Bashing

Seenggak-sukanya kita sama orang atau artis, please jangan bashing mereka di blog. Kasian, men!! Mereka juga manusia yang punya perasaan (ngok!). Dan sebagai blogger budiman, menurut gue kita perlu menghargai publik. Mana tau aja, salah satu dari pembaca blog kita ternyata kenal atau sodaraan atau bahkan fans berat dari orang yang kita bashing.

Lagian kadang gue heran. Udah tau nggak suka, masih aja diurusin. Kayak model-modelnya haters, yang anti ini anti itu. Ngapain?? Nggak suka, ya nggak suka aja. Ribet banget sampe bikin komunitas segala. Mending waktunya dipake buat nonton drama, atau baca buku.  Hidup ini terlalu singkat bila hanya untuk kegiatan yang menurut gue nggak berguna, kayak bashing atau fanwar. Do something better.

5)      Bikin Judul Yang Menipu

Yang ini nggak banget, men. Gue pernah nyasar ke sebuah blog. Judulnya tertulis “Tips Dan Trick SEO” tapi… isi postingannya malah seputar selangkangan. Beuh!! Ini sumpah, noraknya kebangetan men. Gue sih sebenernya nggak suka ikut campur urusan orang. Bomat lah itu orang mau nulis apaan kek, tapi nggak gitu juga caranya..  =__=

Itu sama aja membohongi publik. Kadang ada juga beberapa postingan yang isinya nggak seheboh judulnya. Tapi ini masih mendingan lah.. Yang parah tuh, kalo yang bikin postingan dengan judul yang menipu. Parah abis….


Kalo kalian pengen tau contoh nyata dari judul blog yang menipu, gue kasih contoh nih. Blog yang lagi kalian baca sekarang nih sebenernya juga bikin judul yang menipu. Gimana nggak? Judulnya pake bahasa Inggris, isi postnya pake bahasa Indonesia acak-acakan. Parag kan?? Ckckck.. Ampunilah dosa blogger yang menjadi author dari blog ini. *pray*

Demikian postingan gue kali ini. Sifatnya cuma saran, jadi boleh dipake boleh nggak. :D Semoga bermanfaat. :3

19 komentar on "Do and Don’t Things About Blogging"

parkirankampus on 30 Desember 2011 15.44 mengatakan...

<= blog walking

Amir Syafrudin on 30 Desember 2011 16.45 mengatakan...

Kalau emang gak bisa sering posting, usahakan konsisten dengan durasi yang stabil. :D

Ikutan blog walking. :)

Siamang on 30 Desember 2011 20.44 mengatakan...

Ikutan blog walking jg kakak.. :D

Rofiek on 31 Desember 2011 10.09 mengatakan...

jalan-jalan pagi hari...

rakajayansyah on 31 Desember 2011 11.40 mengatakan...

kk ikutan donk blog walking

n gbung d forum blog itu gimana ya...

~waNda^ on 31 Desember 2011 15.14 mengatakan...

cucooo'.......

Stupid monkey on 31 Desember 2011 15.56 mengatakan...

mo ngemeng apalagi, semuanya udah jelas sekarang, ngeblog itu bisa gampang, bisa susah, bisa negatif, bisa positif, bisa-bisa aja, hehehe ;)

ASAZ on 31 Desember 2011 15.57 mengatakan...

blogwalking penting banget gan , para web master pun masih melakukan kegiatan ini, kalau bahasa alay itu kan boleh boleh saja untuk blog pribadi, tapi yang jadi masalah pembacanya juga harus pengguna alay

Cizu Chan on 31 Desember 2011 16.02 mengatakan...

@Parkiran kampus, @siamang Siiiip, ditunggu aje kedatengan gue.. Hahaa, jangan lupa sediain cemilan. ^^

@Rakajayansyah : untuk gabung di forum blogfam, kamu bisa klik link yang ada di postingan. Abis itu isi data, dan kenalin diri kamu di forum. :D

@pak Amir, @rofiek, @wanda : terima kasih atas kunjungannya. ^^

Cizu Chan on 31 Desember 2011 16.13 mengatakan...

@Stupid Monkey : Iyee, smua balik ke diri bloggernya masing-masing. Thx atas kunjungannya ^^

@ASAZ : hehehe, yang membedakan Blog dengan Buku Diary itu kan karena Blog sifatnya lebih ke publik. Jadi lebih disarankan untuk pake bahasa umum yang lebih dimengerti semua orang.
Thx atas kunjungannya. ^^

eMingko on 1 Januari 2012 08.56 mengatakan...

blog walking juga masuk, dan sya sdg mlkukannya :)
jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

The Howdy Indonesia on 1 Januari 2012 16.47 mengatakan...

sharing dong gan.. fasilitas-fasilitas promosi blog selain yg disebut di atas?

Cizu Chan on 1 Januari 2012 20.43 mengatakan...

@eMingko : Siip,nanti saya ke situ. Thx atas kunjungannya. ^^

@Howdy : Kalo yang saya pake sih udah disebutin semua di atas.. ^^ Coba aja searching di Google, mungkin agan bisa nemu lebih banyak lagi. Thx atas kunjungannya. :)

tochiru on 2 Januari 2012 10.20 mengatakan...

Uoy, mantep juga blog lu, mwahahaha
Gua juga ikutan aaahh =3 *ngacir*

gurero on 2 Januari 2012 11.48 mengatakan...

informasinya bagus..insyaallah bermanfaat, salam kenal ya.. :)

Cizu Chan on 2 Januari 2012 13.37 mengatakan...

@Tochiru : Mwahaha, udah setaon ngeblog baru bisa bagusnya sekarang..

@gurero : Iya, salam kenal juga. ^^ Thx atas kunjungannya.. :D

Dede Mahmud on 5 Januari 2012 13.03 mengatakan...

Wah.. pengen deh bisa nulis seperti ini... :D enak dibacanya. Harus sering-sering berkunjung nih buat belajar.. biar blog saya juga bisa sebagus ini..

Cizu Chan on 5 Januari 2012 13.29 mengatakan...

@kang Dede : Hwhwhw, ga juga qo.. ^^ saya juga masih harus banyak belajar. :3

ria tuing on 12 Februari 2012 08.27 mengatakan...

tips bagus.. bisa dicoba ::)

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates