Kamis, 22 Desember 2011

Hari Ibu itu Enaknya Makan Onde.. :p


Kalo ditanya tanggal 22 Desember itu hari apa, sebagian besar orang mungkin bakal ngejawab "Hari Ibu". Itu bener. Tapi ada satu perayaan lagi, yang diadakan pas tanggal segitu. Namanya, Dong Zhi Festival a.k.a Perayaan Makan Onde. x3

Kok, namanya berbau-bau chinese gitu ya..?! Yooi, ini emang festival tradisi yang biasa dirayain ama orang-orang Tiong Hoa ataupun keturunan-keturunannya. Termasuk keluarga gue. Hahaha..

Nah, sekarang gue mau berbagi apa yang gue ketahui mengenai Perayaan Makan Onde ini.. Kata Google, Dong Zhi ini merupakan salah satu FESTIVAL PENTING bagi orang Tiong Hoa. Sama pentingnya kayak perayaan Tahun Baru Imlek, Festival Perahu Naga, dan Festival Kue Bulan. 

Kenapa dianggap penting?? (Ini sih, menurut gue aja yee..) Jadi, perayaan ini disebut juga sebagai Chinese Thanksgiving. Yaitu, hari dimana warga Tiong Hoa mengucapkan syukur dan mengharapkan keharmonisan keluarga. Nah aslinya, ada ritual khusus saat pembuatan onde berlangsung.

Onde dibuat pada malam hari. Setelah semua onde selesai dibikin bulet-bulet, nampan yang berisi onde akan diputar searah jarum jam sambil mengucapkan kata-kata pengharapan berikut : 
圆 哑 圆 , 一 家 年 年 都 团 年yuán yǎ yuán , yī jiā nián nián dōu tuán niányang artinya : Setiap tahun keluarga selalu berkumpul.sehingga hubungan keluarga menjadi selalu harmonis.
Ondenya sendiri, terbuat dari tepung ketan. Terdiri dari 3 warna, yaitu putih, merah, dan hijau. Tapi ada juga yang beda-beda, tergantung tradisi keluarga masing-masing. Ada yang polos tanpa isi, ada juga yang diisi kacang tanah (jadi kayak kue mochi gitu). 

Kurang lebih, beginilah wujud si onde-onde itu.

source : mytasteheaven.com

Tadinya, mau foto onde bikinan nyokap. Tapi, bebe gue lagi rusak. Hehe, jadinya ambil dari website orang deh. 

Untuk sejarah mengenai cerita dibalik onde ini, kalian bisa baca di : Asal usul Festival Dong Zhi.

Selain makan onde, seharusnya gue juga memberikan sesuatu buat nyokap. Semacem Mom Thanksgiving gitu deh. Cuma karena gue sedikit kurang ajar anaknya, jadi gue ngucapin lewat blog aja deh..
Selamat hari Ibu, Mama!! Semoga selalu sehat, dan rukun sama Papa. Jangan suka ngomel-ngomel terus, ntar bisa stress. Oia, ondenya jangan lupa disisain yaa, ma.. ;3
Happy Mom's Day. Selamat merayakan Festival Dong Zhi. ^^


source : TitozhengDhammacitta

0 komentar on "Hari Ibu itu Enaknya Makan Onde.. :p"

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates