Senin, 26 Desember 2011

Jika Cizu Menjadi.. (Episode : Anggota DPD RI)



Ya, walau judulnya hanya berandai-andai namun saya tidak ingin sembarangan berandai-andai. Juga tidak ingin berandai-andai yang terlalu muluk. Jadi, kurang lebih jika saya menjadi anggota DPD RI mungkin saya akan mengabdikan diri saya pada Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kenapa demikian? Pertama, mungkin karena saya adalah perempuan dan saya ingin melindungi kaum sesama saya. Kedua, karena anak-anak adalah orang-orang yang akan memimpin negeri ini di masa depan. Jadi, mereka perlu dilindungi dan dibimbing. Ketiga, karena perempuan dan anak-anak adalah kelompok yang paling rentan mengalami kekerasan sehingga perlu dilindungi secara khusus.

Yang akan saya lakukan kemudian adalah saya ingin mendukung penuh segala instansi masyarakat yang menampung dan mendidik anak-anak jalanan. Lalu, saya ingin memberikan beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan juga berminat besar pada bidang-bidang tertentu seperti musik, penulisan, seni rupa, animasi, tata busana, tata boga, olah raga, dan sebagainya.

Dan saya juga ingin memberikan beasiswa, tidak hanya untuk sekolah umum namun juga sekolah-sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Kebetulan, adik saya termasuk anak yang berkebutuhan khusus dan dia harus berhenti sekolah SLB karena tidak punya biaya yang cukup. Jadi, saya tidak ingin anak-anak lain mengalaminya.

Kedua, saya ingin memberikan kurikulum ‘Pelestarian Lingkungan’ pada setiap sekolah. Kurikulum ini mencakup cara penanaman pohon, dampak pencemaran lingkungan, berbagai tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan. Dan mungkin kompetisi setiap sekolah untuk memberikan penemuan yang dapat bermanfaat untuk lingkungan. Tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap bumi sedini mungkin.

Ketiga, saya ingin memaksimalkan lagi peraturan ‘Larangan Memasuki Tempat Hiburan Dan Penjualan Minuman Keras Bagi Pengunjung Yang Belum Dewasa’. Saya melihat ini adalah peraturan yang sangat bagus, hanya saja pelaksanaannya kurang terlihat. Saya juga ingin memberlakukan ‘Larangan Merokok Di Bawah Umur’. Lagi-lagi ini perkara umur. Tapi bila anak-anak SD saja sudah bisa merokok dengan bebas, saya khawatir mereka tidak mampu menjalani kehidupan yang sehat saat beranjak dewasa nanti.

Keempat, saya ingin membuat peraturan ‘Larangan Bagi Pelaku Prostitusi di Bawah Umur’. Saya sangat prihatin dengan berita yang mengatakan bahwa pelajar-pelajar kita, tidak sedikit yang menjadi pelaku Prostitusi. Dalam hal ini, saya tidak mungkin menghapuskan Prostitusi secara keseluruhan tapi saya ingin meminimalisasi untuk pelaku-pelaku remaja. Hukuman pidana akan mengancam mereka terutama orang-orang dewasa, jika mereka terbukti terlibat.

Terakhir, terkait dengan TKI/TKW kita yang mengalami nasib naas di negeri orang, saya ingin setiap jalur pemberangkatan TKI/TKW keluar negeri melalui proses yang resmi. Dengan begini, pengawasan terhadap TKI/TKW kita bisa lebih diperketat. Jika ada instansi yang terbukti melakukan proses illegal hingga mengakibatkan celakanya TKI/TKW tanggungannya , pemilik instansi akan dikenakan sanksi pidana ataupun penutupan usaha miliknya. Lalu saya juga akan memberikan penyuluhan kepada calon-calon TKI/TKW mengenai pelbagai hal tata cara pemberangkatan keluar negeri dan seluk beluk negara yang akan didatanginya, guna menghindari segala bentuk penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kurang lebih, inilah pengandaian saya. Semoga Indonesia untuk ke depannya bisa menjadi Negara yang lebih maju lagi.


**Post ini diikutsertakan pada lomba Blog 'Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI'. Untuk ikutan, bisa diliat caranya di sini.

2 komentar on "Jika Cizu Menjadi.. (Episode : Anggota DPD RI)"

Arif Chasan on 28 Desember 2011 21.30 mengatakan...

sungguh mulia sekali dirimu nak... #pukpuk

Chiizu Chan on 29 Desember 2011 10.27 mengatakan...

Mulia mah temen SMA gue.. ^^
Wuakakaka..
U ga ikutan, rif??

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates