Selasa, 06 Desember 2011

Mengurangi Rasa Malas ala Gue


Terkadang gue suka heran dengan orang-orang yang bisa tahan belajar atau melakukan sesuatu dengan serius selama berjam-jam. Karena saat gue pengen nyoba hal yang sama, kok rasanya susah yee?!! Apa yang lagi gue kerjain dengan serius pada awalnya, seringkali harus terputus di tengah-tengah lantaran mood gue mendadak lenyap. Atau tiba-tiba gue bosen. Alesan klasik lainnya, males.

Maaf. Gue tau, kalian bosen ngedenger ini. Tapi gue emang kudu ngulang-ngulang terus kata-kata ini kayak baca mantra.. “Gue mau jadi sedikit rajin”. *diulang-ulang terus sampe mulut berbusa*  Buat semacem alarm juga, biar gue nggak lupa. Atau pura-pura lupa.

Eniwei, gue pernah denger pepatah kuno. “Kalo mau menaklukan musuh kita harus mengenali lawan kita dengan baik, mencari titik kelemahannya, baru kemudian mengalahkannya”


Anggap aja, males ini semacem musuh buat gue. Yang harus gue perangi. Ini berarti gue harus kenalan sama si Males ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), malas adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu, segan, tidak suka, tidak bernafsu.
Buat gue pribadi, males itu adalah sebuah gaya hidup. Gaya hidup yang kayak gimana?? Gaya hidup orang males udah jelas.  Sehari-harinya, cuma sedikit beraktivitas. Lebih sering menghabiskan waktunya untuk tidur, atau mengerjakan hal-hal yang disukainya saja.
Seorang penulis sekaligus guru, Pak Mc.Cutcheon mengungkapkan ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan kemalesan, misalnya :

1)  Orang yang terlalu menuntut kesempurnaan (perfeksionis). Bagi mereka, segalanya harus benar-benar tepat agar mereka bisa merasa berhasil. Orang yang menetapkan sasaran terlalu tinggi, justru akhirnya sering berhenti mencoba. Mereka jadi males karena tidak ingin mencemaskan dirinya yang tidak sempurna
Contoh nyata : Gue. Awal gue mau nulis sesuatu, gue berpikir nantinya novel gue harus bagus, harus terkenal. Gue pengen nulis cerita yang nggak pernah ditulis orang-orang. Tapi setelah dapet 2-3 halaman, gue mandek sendiri. Gue ngerasa tulisan gue jauh banget dari harapan. Akhirnya, gue males dan berhenti ngelanjutin.

2)   Orang yang melenggang mudah melewati tingkatan dasar. Mungkin belum cukup kemampuannya saat mencapai tingkat yang lebih tinggi, jadi dia stress.

3)   Orang yang hatinya ciut karena beberapa hasil pekerjaannya buruk. Hidupnya membosankan, dan mulai beranggapan bila hari-harinya di kantor/sekolah hanya membuang-buang waktu saja.

4)   Orang yang mampu, tapi lingkungan ~orang tua, guru, atau orang kebanyakan~ membandingkan kemampuannya, atau menganggapnya tidak mampu (tambahan dari Dr. Sukiat).

Lalu gimana caranya biar gue bisa sedikit rajin? Untuk hal ini, gue udah pikirin strateginya. :3 Cara yang gue tulis ini, udah gue terapin sendiri. Dan hasilnya lumayan. Gue masih males, tapi nggak parah-parah amatlah. HaHaHa.. Jadi, begini caranya.

Setel Lagu
Kalo gue lagi males parah atau nggak semangat, gue biasanya dengerin lagu. Atau gue nyanyi-nyanyi sendiri. Ini ampuh banget untuk saat-saat pas nyapu-ngepel lantai. Atau lagi jemurin cucian.  Capenya jadi nggak terlalu berasa. Dan music itu, bisa menimbulkan perasaan riang. Kalo kerjanya nggak pake marah-marah, pasti jadi lebih beres juga hasilnya

 

Belajar menghargai waktu
Untuk hal yang satu ini diperlukan kesadaran dari diri masing-masing. Gue juga masih dalam tahap baru memulai. Di sini gue mencoba untuk menghilangkan sifat suka menunda-nunda gue. Waktu itu berlalu, tanpa ada gantinya. Kalau udah lewat, yauda. Mau kayak gimana pun, tetep nggak akan balik.

Dengan belajar menghargai waktu, gue juga belajar menghargai orang di sekitar gue. Gue belajar meluangkan waktu untuk mendengarkan curhat dari sahabat, untuk ngebantu nyokap, untuk bertemu orang yang gue sayangin, dan untuk membangun mimpi gue. Gue mencoba untuk memanfaatkan sebaik mungkin setiap waktu, biar waktunya jadi nggak kebuang sia-sia.

Temukan passion
Semales-malesnya orang, pasti ada setidaknya satu hal yang membuatnya bergairah. Musik, menulis, menggambar, atau apapun. Kadang passion itu bisa jadi semacam motivasi. Kayak misalnya, gue suka nulis. Gue pengen beli laptop, biar nulisnya lebih gampang. Otomatis, gue harus nabung. Gue juga harus cari duit lebih banyak, biar gue bisa cepet kebeli laptop.
Contoh lainnya, temen gue yang masih sekolah hanya diperbolehkan untuk membeli CD ori HOME MADE Kazoku jika ia berhasil dapet rangking. Otomatis, dia bakal belajar jauh lebih giat dari sebelumnya.

Bergaul dengan orang-orang positif
Udah jelas. Orang yang auranya positif, pasti bikin orang laen jadi kebawa positif juga. Belakangan ini, gue sengaja follow sebanyak mungkin orang yang bekerja di bidang penulisan dan penerbitan. Baca TL mereka itu, bisa jadi semacam mood booster untuk menulis.
Mereka udah terjun lebih dulu di dunia penulisan. Pengalaman mereka, komentar-komentar mereka, dapat jadi semacam pembelajaran buat gue.
Dan kadang, mereka juga menyemangati calon-calon penulis baru. Mereka itu orang-orang yang mengagumkan dan menarik. :3

Koleksi Quotez Favorit
Dari idola gue yang paling idolain (YUI), gue belajar banyak dan bisa dibilang gue seneng mengumpulkan quotez-quoteznya. Kadang dari lirik lagu. Kadang dari wawancara.
Salah satu quotez yang paling gue suka adalah “Aku tidak ingin menjadi orang yang hanya setengah-setengah. Semuanya akan kukerjakan dengan sunggun-sungguh”
This!

Kurang lebih begitulah cara gue mencoba untuk menjadi sedikit rajin.  Beberapa saat nanti, gue mungkin bisa lupa. Makanya, gue sengaja nulis di sini. Biar kalo gue lupa, gue bisa baca-baca ini lagi.

Di luar semua itu, gue masih tetap orang yang malas. Gue juga tidak ingin menjadi orang rajin sepenuhnya. :3 Karena rasa males, telah menginspirasikan gue akan banyak hal. Orang males dan orang yang kreatif itu dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Bayangin kalo semua orang rajin dan nggak pernah ngeluh pas nyapu lantai, mungkin vacuum cleaner nggak akan pernah ada.
                 
Males itu nggak bisa dan nggak boleh hilang dari muka bumi. 

0 komentar on "Mengurangi Rasa Malas ala Gue"

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates