Minggu, 11 Desember 2011

ORANG VS MANUSIA


“Kalo udah besar nanti, kamu harus bisa jadi orang!!"

Waktu kecil gue sering denger kata-kata ini. Baik dari ortu gue, dari om gue, atau guru gue.  Lah kalo udah besar baru bisa jadi orang, terus waktu kecil gue apaan donk *kemudian bertapa di bawah air terjun untuk mencari jawabannya* X3

Jadi, setelah gue berumur segini gue mulai mengerti dengan definisi ‘Orang’ versi orang dewasa. Kurang lebih, ‘orang’itu adalah istilah untuk mereka yang telah sukses dan hidup berada. Demi menjadi ‘orang’, manusia menempuh cara yang berbeda-beda. Ada yang bersekolah tinggi-tinggi, hingga gelar Doctor atau Profesor. Setelah menjadi pintar, mereka kemudian menggunakan kepintaran mereka untuk meraup uang sebanyak-banyaknya. Karena apa?? Karena sekolah mahal, men. Buat apa sekolah tinggi-tinggi, kalo lu gak bisa jadi orang kaya.

Cuma kadang, hal yang paling memprihatinkan dari orang-orang ini adalah demi menjadi ‘orang’ mereka lupa caranya menjadi manusia. Ada cukup banyak orang yang setelah menjadi ‘orang’ mereka menjadi tidak manusiawi. Memanfaatkan orang lain, untuk keuntungan pribadi.

Kalo jadi ‘orang’ bikin gue nggak manusiawi lagi, maka gue lebih suka tetep jadi manusia. Gue lebih suka hidup sederhana. Asal gue udah bisa beli apa yang gue pengenin, asal gue udah bisa makan tiap hari, itu cukup. Orang lain bilang gue bego, biarin!! Gue yang memutuskan apa yang gue ingin lakukan dengan hidup gue. Orang lain bilang gue munafik, biarin!! Gue nggak peduli pendapat orang. Lebih baik gue dibilang munafik, ketimbang gue harus hidup makmur tapi di atas penderitaan orang lain.

Gue pernah nonton berita. Di china barang-barang palsu banyak itu biasa. Tapi, kalo telor ayam dibikin tiruannya. Ini gila, men!! Demi duit, mereka sampe tega ngeracunin orang pake bahan kimia. Yang lebih parah, obat-obatan. Ini obat-obatan kayak semacem obat generik yang dipasarkan secara gratis, pake dana dari pemerintah. Obat yang seharusnya bikin orang sembuh, dipalsuin. Pake bahan kimia berbahaya, dan membunuh entah berapa orang di luar sana. Dananya dikorupsi. Dan mirisnya lagi, obat-obatan palsu ini sengaja dipasarkan di luar negara mereka. (gue nonton di Metro TV, tapi lupa nama acaranya).

Duit dan segala hal yang duniawi itu sifatnya cuma sementara. Itu cuma titipan. Rasanya kebangetan aja kalo nyari duit dengan cara-cara yang nggak manusiawi kayak gitu. Miris, dan tentu aja gue sangat sedih melihat kenyataan semacam itu.

Untuk menjadi apa seseorang di masa depan, itu adalah hak pribadi setiap orang. Cuma gue harap, orang-orang di masa depan bisa jauh lebih manusiawi ketimbang orang-orang jaman sekarang. Gue harap mereka bisa jauh lebih mencintai bumi ketimbang orang-orang di masa sekarang. Dan gue harap anak gue adalah salah satu dari orang-orang itu.

2 komentar on "ORANG VS MANUSIA"

khanifa on 14 Desember 2011 15.10 mengatakan...

harapan yg sangat mulia. saya setuju denganmu, Ciz. uang tuh bukan segalanya meski uang itu penting. sebenarnya rezeki itu kan sudah ditentukan jatahnya, tugas kita hanya berusaha. tinggal kita mengusahakannya dg jalan yg kotor atau jalan yg bersih.

btw, profesor tuh bukan gelar akademik tapi jabatan akademik ^_^.

@re_here

Chiizu Chan on 16 Desember 2011 11.07 mengatakan...

Wuaah, hontou ni arigatou atas ralatnya. Aku gak kuliah jadi kurang paham soal gitu2an. Hehehe..
Iya,ka. Suka sebel aja ama orang2 yg cari duit pake cara yg ga manusiawi dan hewani.:3

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates