Minggu, 08 Januari 2012

Jangan Asal Blogwalking!!


Berawal dari pengalaman gue sewaktu Blog Touring (mengunjungi puluhan blog sekaligus untuk dapet komen dan kunjungan balik), gue menyadari bahwa ternyata yang namanya 'Blogwalking' itu bukan sekedar berkunjung ke suatu blog, ninggalin komen ama link URL blog kita, terus kabur ke blog lain dan melakukan hal yang sama, begitu seterusnya.


Bahkan yang lebih parah, isi komennya dicopas. Jadi kronologisnya kayak gini : Berkunjung ke suatu Blog, langsung ke komen form, copas komen dari Blog sebelumnya, isi captcha, terus kabur ke blog lain dan melakukan hal yang sama, begitu seterusnya.


Kalo hal ini masih belom terlalu parah, gue kasih tau hal yang lebih parah lagi. Siap-siap ya, gue tau banget siapa blogger yang suka begini. Ini rahasia ya.. Blogger itu adalah... gue sendiri. =___=

Tapi, men.. Setiap orang pasti pernah bikin salah kan?? Nggak apa-apa donk, kalo gue bikin salah. Yang penting dari kesalahan itu gue jadi mempelajari hal baru, yaitu 'Jangan asal blogwalking'. Saat gue berkunjung ke blog lain dan menemukan komen yang sama persis dengan komen yang ada di blog gue, gue baru menyadari bahwa tindakan semacem itu sesungguhnya kurang baik untuk dilakukan.


Kenapa gue bilang begitu? Karena itu tindakan yang egois. Tujuan gue berkomentar hanya agar mendapat kunjungan dan komen balik. Padahal fungsi dari form komentar bukan buat itu. Fungsi aslinya ya buat menyampaikan pendapat kita mengenai isi posting yang kita baca.


Makanya biar nggak makin banyak blogger-blogger sesat kayak gue, gue mau memberikan sedikit tips mengenai tata cara Blogwalking yang baik dan benar versi gue.




1) Jadilah komentator yang sopan
Perhatikan bahasa yang kita gunakan saat akan mengomentari blog orang. Ibarat tamu yang masuk ke rumah orang, ucapkan salam atau minimal basa basi apalah. Jangan cuma ninggalin nama tanpa komentar apa pun. Itu jleb, buat si empunya blogger. Jangan pake bahasa yang kasar juga.


"Blog lo keren abis, nyet!!" Walaupun maksudnya muji, tapi tetep aje jleb buat si empunya blogger. Mending jangan deh!


2) Belajar jadi komentator yang ikhlas
Yang gue maksud menjadi komentator ikhlas di sini adalah : berikanlah komentar, tanpa mengharapkan komentar balasan. Oke, mungkin ada yang berpendapat bahwa komen itu kayak cinta. Harus dibales, biar nggak nyesek. Tapi kita juga harus mengingat bahwa nggak semua blogger itu ramah.


Ada beberapa blogger yang nggak suka bersosialisasi, dan menganggap nggak perlu lah ramah tamah ke blogger lain. Toh, mereka ngeblog bukan buat jadi populer. Nah, jadi boleh-boleh aja ninggalin link URL blog kita di komen tapi jangan sewot andaikata blog kita nggak dikunjungi balik oleh si empunya blog.


Kalo emang identitas kita menarik, kepribadian kita menarik, isi blog kita menarik, dan kita juga suka menarik uang di ATM (woi, yang terakhir apaan?!!) gue yakin pengunjung akan datang untuk berkomentar dengan sendirinya. Walaupun prosesnya cukup memakan waktu.


3) Jadilah komentator yang nyambung
Sempatkan diri untuk membaca isi postnya walau sedikit agar komentar kita bisa nyambung  sama topik yang dibahas. Itu lebih berkesan ketimbang isi komen yang cuma basa basi kayak : Nice post, Mantaap, Kereen, dan sekawanannya. Ketara banget kalo kita nggak baca isinya.


Kalo bisa isi komennya juga berbobot. Misalnya nambahin informasi yang sesuai dengan isi posting. Atau komentar mengenai pemikiran kita soal topik yang dibahas. Gue yakin si empunya blog bakal lebih terkesan dengan komentar macem begini. Dan dengan senang hati berkunjung balik ke blog kita.


4) Jalinlah pertemanan
Sesekali kunjungi lagi orang-orang yang pernah berkunjung ke blog kita. Jangan abis ninggalin URL Blog dan dikunjungi terus udah. Nggak ada kelanjutan ceritanya lagi. Kalo emang nggak ada waktu, yah dikit dikit aja lah.. Misalnya minggu ini, mampir ke blognya si A dan B. Minggu depan, mampir ke blognya C dan D. Dan seterusnya.


Hindari cara-cara yang nggak etis kayak "Gue udah follow blog lo, follow back ya". Selain kesannya kayak merintah, cara ini cuma dipake ama orang-orang yang peduli kuantitas bukan kualitas. Mungkin punya followers banyak itu emang keren, tapi apa gunanya kalo nggak ada satupun yang mampir untuk baca blog kita.


5) Jadi Blogger Nggak Boleh Sombong
Jangan pilih-pilih teman kalo lagi blogwalking. Emang ada pendapat yang menyarankan untuk Blogwalking ke blog yang trafficnya udah tinggi. Tapi, percaya kata-kata gue. Blog dengan traffic tinggi itu yang komen juga bejibun. Kemungkinan komen kita bakal dibaca ama pemiliknya itu juga makin kecil. 



Jadi, nggak ada salahnya untuk blogwalking ke blogger yang masih pemula. Selain kedatangan kita udah pasti akan disambut baik sama pemiliknya, kita juga membantu memberikan mood booster buat blogger blogger newbie tadi. Jangan pernah meremehkan blogger-blogger newbie, mungkin aja suatu hari nanti blog mereka trafficnya jadi lebih tinggi dari punya kita. 


Oia, sempatkan juga untuk mengunjungi link link yang ditinggalkan di komen blog kita. Ucapkan terima kasih dan komentar balik isi post si pengunjung.


Nah, walau kesannya sederhana dan remeh tapi ternyata blogwalking itu kudu dilakukan secara baik dan benar. Yang di atas tadi adalah versi gue. Kalo mau nambahin versi lo di komentar, douzo!! ^^

41 komentar on "Jangan Asal Blogwalking!!"

Izzatunnisa Galih on 8 Januari 2012 14.46 mengatakan...

emang paling bete kalau ada yg kasih komentar tapi nggak nyambung sama isi posting kita, selain itu juga bikin bingung gimana balesnya._.

blogwalking kan juga bisa bat ajang kenalan sesama blogger :) hehe salam blogger!

Astika Marhamah Puteri on 8 Januari 2012 14.53 mengatakan...

setujuuuuuuuu sama Izzatunnisa :) blogwalking itu harusnya bisa dimanfaatin untuk saling kenal satu sama lain :) selain nambah temen,nambah ilmu dan pengalaman juga :)

Cizu Chan on 8 Januari 2012 14.59 mengatakan...

@Izza : hehe iya.. ^^ untung saya udah tobat. Salam kenal juga. :D

@Astika : Iya, harusnya buat nambah teman. Tapi bisa juga buat nambah musuh. Tergantung caranya. Hehe

ega primebound on 8 Januari 2012 15.07 mengatakan...

hmmm bagus nih..

biasanya yg cuma #blogwalking n copas gitu adalah komentator bayaran gitu..
apalagi pas diklik blognya, tu blog masang iklan banyak banget

Astika Marhamah Puteri on 8 Januari 2012 15.11 mengatakan...

mending nambah temen lah yah Cizu :)salam kenaaaal :)

Marisa Agustina on 8 Januari 2012 18.07 mengatakan...

ha ha ha ... ada poin yang kena nih jadi malu.. tapi saya kadang sengaja singkat aja isi komentar soalnya ga ingin 'merusak' isi postingan, gmana dong? ;p

Siamang on 8 Januari 2012 18.13 mengatakan...

blogwalking kakak..
saya baca postingnya sampe habis lho hehee :D

Cizu Chan on 8 Januari 2012 18.19 mengatakan...

@Mas Ega : Hehe, bisa juga orang yg lagi ikut SEO contest kayak saya mas. ^^ Makasih ya, udah mampir

@Astika : Yomaaan!! Hwhw, salam kenal juga ^^ Makasih ya udah mampir

Cizu Chan on 8 Januari 2012 18.26 mengatakan...

@Ka Marisa : Hoho, saya juga dulunya begitu ^^ Ya, panjang2in aja kalimatnya. Misalnya, sampaikan persetujuan atau pertanyaan.. Komen kayak gini juga udah bagus. :D

@Mai Siamang : Hahaha, siip mai!! ^^ smoga kita makin akrab yee.. :)

Ed Zildjian on 8 Januari 2012 18.48 mengatakan...

nice share bro... http://share-plus.blogspot.com wkwkwkwk

Yulius Takeda on 8 Januari 2012 19.21 mengatakan...

saya juga pernah asal2 blog walking, tapi tu untuk promosi satu artikel aja. sisanya dapat dari google pengunjungnya.

Jadi intinya saya blog walking sesuatu yg menarik namun jarang di cari di google

Dunia Hewan

Cizu Chan on 8 Januari 2012 19.31 mengatakan...

@Ed : Iye, brai. Neh baru diomongin udah nongol orangnye. Wkwkwkwk ^^

@Dr. Yulius : Hehe... ^^ Saya juga gitu pak. Tujuannya buat promosi.. Tapi, blogwalkingnya jadi agak kurang berkesan karena cuma sepintas lalu aja. Itu kalo buat saya loh, pak dokter.. :D

Nabet on 8 Januari 2012 20.18 mengatakan...

oh gini ya cara blog walking yg baik dan benar...

makasih banyak ya kak buat infonya.
Salam Blogger...!
^_^

RapaWij on 8 Januari 2012 20.30 mengatakan...

Hal bermanfaat nih.....
memang sekarang sulit untuk mendapat rekan blogger yang sungguhan...
terkadang banyak yang hanya menginginkan backlink saja dengan memberi Komentar sampah...

Semoga nda bertambah deh yang seperti tu..
oh iya.....
Salam kenal dara saya...
:D

tochiru on 8 Januari 2012 21.59 mengatakan...

Gua suka gambarnya :D
Tapi sayang, gua bukan tipe orang yg suka "walking"

Ejawantah's Blog on 9 Januari 2012 03.42 mengatakan...

Semoga hal ini bermanfaat dan berguna untuk para blogger untuk saling menghargainya ya Sob.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

baguserek on 9 Januari 2012 06.30 mengatakan...

saya setuju sekali dengan pendapat Anda. Nettiquette dalam menulis dan berkomentar memang perlu dijalankan. Tapi sayangnya banyak yang tidak menyadari akan hal ini.

Jika para BW-er mempunyai template dalam berkomentar, walaupun nggak nyambung dengan isi, saya juga punya template untuk bales komen yg spt ini.

Komennya seperti ini, "Thengkiyu sdh mampir, Salam Takzim". Tetapi kadang2 ketika waktu kita sangat terbatas, dan ingin menghargai komentar yg masuk...saya gunakan template yg lain lagi. Hahahaha.

Thengkiyu, Salam Takzim.

aan on 9 Januari 2012 07.10 mengatakan...

saya setuju sekali dengan tulisannya di setiap pergaulan termasuk di dalam dunia blogging memang wajib ada etikanya, saya senang sekali dengan kalimat ini "Hindari cara-cara yang nggak etis kayak "Gue udah follow blog lo, follow back ya". Selain kesannya kayak merintah, cara ini cuma dipake ama orang-orang yang peduli kuantitas bukan kualitas" saya juga merasa terancam jika membaca komentar kayak gini.. nggak di follow nggak enak mau di follow back kok nggak ngeh...jadi serba salah.. terima kasih tipsnya semoga dunia perbloggingan semakin sumringah dan tambah akrab pertemanannya karena tidak lain tidak bukan itulah tujuan utamanya..
maaf komennya kepanjangan
salam kenal

Cizu Chan on 9 Januari 2012 07.22 mengatakan...

@Nabet : Haha, ini cuma menurut saya aja loh ^^ Mungkin teman2 punya pendapat yg laen juga..

@Ka Rapa : ^^ Hehe, tapi kalo saya pribadi sih sebenernya ngga masalah dengan backlink asal ngasihnya juga sopan. Saya sampe skrg masih suka ninggalin backlink di komen blog tetangga. :D

Cizu Chan on 9 Januari 2012 07.23 mengatakan...

@tochiru : Muahaha, gue juga demen ama gambarnya

@Ejawantah's Blog : Amin, semoga untuk ke depannya para Blogger bisa makin merapat. Hehe

Cizu Chan on 9 Januari 2012 07.32 mengatakan...

@Pak Baguserek : Hehe ^^ emang kadang masalahnya di waktu ya.. Kalo sekarang sih, saya usahain untuk baca postingnya sebelum komen dan pake kalimat yg berbeda-beda. Biar gak dikira bot, haha..

@Ka Aan : Hehe, iye ^^ Kesannya jadi kayak ditodong ye.. "Followback ga lo, kalo ga nuncep neh piso di jidat lo" Hehe, biasanya orang2 begitu adalah orang2 yang serba instan. Apa2 maunya cepet. ^^ Salam kenal juga. :D

khanifa on 9 Januari 2012 11.49 mengatakan...

Hahaha... ada ya orang yg komen model gini:
"Blog lo keren abis, nyet!!"

minta digampar kali ya itu orang? Ups...

btw, biasanya orang kan mengharapkan komen y? tapi ada juga tuh yang comment phobia. mau tahu yang ky gimana? nih, contohnya

http://darinholic.com/comments-phobia.html

Salam,
@re_here

Cizu Chan on 9 Januari 2012 12.23 mengatakan...

Ka Re : belom pernah nemu sih ^^ Hwhwhw.. Wuih, apa tuh?? langsung ke TKP kaa.. :D

NF on 9 Januari 2012 12.37 mengatakan...

Hmm bener nih, nge blog juga harus ada mannernya, setuju setuju, TQ

aga on 9 Januari 2012 14.26 mengatakan...

yah emang rata-rata blogwalkers cuma pengen ninggalin link mereka. biar dapet backlink atau dengan maksud biar si empunya blog berkunjung balik ke blognya. heheheh...
tp yang penting si iklas aja.

:)

Dendy Darin on 9 Januari 2012 14.59 mengatakan...

Kayaknya setali tiga uang dengan saya deh hehe :D Saya jg pernah gitu mbak, duluuu. Ya biasa pas awal2 ngeblog. Pengennya blognya cepet dikenal.

Tapi lama2 ya capek sendiri. Jadi sekarang kalo komen ya usahakan nyambung dgn artikelnya. Kecuali kalo bloggernya dah kenal betul. Biasanya komen2 nyeleneh sering keluar hahaha dan itu dah biasa :)

Cizu Chan on 9 Januari 2012 15.16 mengatakan...

@NF : sama2 ^^ salam kenal ya

@Ka Aga : Yowh, saya yakin kalo emang komen kita berkesan pasti kita akan dikunjungi balik.. ^^ Apalagi kalo kita rajin komen di blognya.

@Ka Dendi : Iya, pengennya sih cepet dapet kunjungan ^^ Tapi, setelah dipikir-pikir lebih baik alami aja deh. Kalo emang blog kita menarik, pasti bakalan banyak yg berkunjung. Buat proses pembelajaran juga agar kita belajar untuk membuat blog yg lebih baik & lebih baik lagi. :D

Candra Noviana on 9 Januari 2012 23.40 mengatakan...

setuju bgt..pengetahuan bru bwt blogger pemula kya sy
mampir sini ya

Agri Malguna on 12 Januari 2012 13.11 mengatakan...

bener banget,om.. ada baiknya kita me-respect yang punya blog dan bukan sekedar promosi..
btw,mampir bentar dong,om http://gadget-seram.blogspot.com

Cizu Chan on 12 Januari 2012 15.38 mengatakan...

@Candra : saya jg masih pemula kok.. ^^ Sip, ntar ke TKP

@Agri : OOM?? Hmmm... =___= Iye, ntar mampir.. tapi jgn dipanggil om lagi yee..

Iso Hunter on 16 Januari 2012 07.59 mengatakan...

Thx bos bwt info ny..

bs ksh sran lg g bwt gw spy blog gw rame..
krim aj k email gw rean_gkz@ymail.com..

sklian ntip blog....
iso-csohunter.blogspot.com

hehehe..

entungsouvenir on 18 Januari 2012 22.14 mengatakan...

hehe... saya kesindir... but, gag papalah ... ni saya kemari juga mau blogwalking #komentar masih masuk tema kan :D

nitip blog ya^^ entungsouvenir.blogspot.com

Arief Ahsan on 28 Januari 2012 13.24 mengatakan...

benner banget sob, ane setuju sama ente, jangan asal blogwalking, karena itu ada tata kramanya, saling menghargai itu lebih baik kan?

en-emy on 29 Januari 2012 01.50 mengatakan...

halo salam kenal,
saya ke sini juga blogwalking.
tujuan saya blogwalking buat nambah cerita (pengin baca kisah orang lain) dan nambah teman blogger.

kalau dikunjungi balik, itu bonus.

:)

-emy-

agumanhoff on 31 Januari 2012 20.08 mengatakan...

Waiz saran dari anda amat sangat membantu bagi blogger amatir kayak saya mohon bimbingannya

Cizu Chan on 2 Februari 2012 07.06 mengatakan...

@Iso Hunter : waduh, saya ngerasa belom layak ngasi tips supaya blog jadi rame.. :3 Soalnya, blog saya juga itungannya masih sepi.. Hehe

@Entung Souvenir : Hehe, gapapa.. saya juga awal2 blogwalking begitu kok. :D

@Arief ahsan : Siip, bro!! ^^ Thx udah mampir

Cizu Chan on 2 Februari 2012 07.07 mengatakan...

@En-emy : Langsung ke TKP. Hehe, makasih udah mampir

@aguman : Waduh, saya juga amatir kok. :D Hehehe, thx udah mampir

Baguz Ajja on 7 Februari 2012 17.44 mengatakan...

bener banget broo.
karang banyak yang asal koment terus ngasih link

g baca baca artikel yang susah payah kita postingkan

nice share broo

ikut blogwalking juga ya :D

Yudizhou on 17 Maret 2012 10.32 mengatakan...

hehe,ane ikhlas ni gan. :D

www.unikgaul.com

stany cecilia on 27 Maret 2012 13.18 mengatakan...

Hmm... Kalo saya sih ga pernah kayak gitu. Secara jarang blogwalking. *wkwkwk* Tapi kalopun mampir ke blog orang, pasti komen lahh. Dan rata-rata ga pernah ninggalin link blog pribadi. Tujuannya ya cuma jalan-jalan, cari bahan bacaan yang bagus, udah. :3 *ikhlasbangetsayaya*
Cizuuuu~~~ saya akan rajin nyepamdi blog anda. wkwkwk

puput binadi on 16 Juli 2012 16.33 mengatakan...

Bener hugs sih bro tp kadang supaya backlink banyak mereka lenses Target jadinya ya Gt salam kenal

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates