Jumat, 03 Februari 2012

Konsep Buku dan Behind The Book Proyek Nulis YUI


Ya Tuhan.. Ya Tuhan..


Proyek nulis YUI ini bener-bener bikin gue nggak bisa tidur di siang hari, dan nggak bisa bangun di malam hari. x_x Oke, gue mau cerita sedikit mengenai perkembangan proyek nulis YUI ini. 


Jadi setelah 2 minggu lebih sejak gue posting mengenai project "Why We Are So In Love With YUI" gue baru mendapatkan 2 kiriman tulisan, yaitu dari Cecil dan Sisil. Jangan tanya gue, kenapa namanya bisa sama. Yang jelas,ini benar-benar mengharukan.. T_T

Usut punya usut, menurut mas Leo, ketua para YUI Lover, proyek ini sebenernya udah diserahin juga ke beberapa regional. Namun, para YUI Lovers merasa belum siap untuk menulis. 


Oke, kalo ngomongin masalah siap nggak siap, jujur gue juga belom siap-siap amat. Haha :3 Waktu gue memutuskan untuk mengumumkan proyek ini, gue bertindak secara spontan. Beneran, cuma pake nekat buat modalnya. Tapi karena gue yang udah memulainya, maka gue juga harus bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Walau dengan segala kengerian gue terhadap tantangan-tantangan selanjutnya, buku ini harus terbit!!! That's my promise. *benerin jambul, padahal ga punya jambul X3 *


Maka demi kelangsungan proyek ini, gue pun mengubah strategi. Semula, gue menetapkan untuk menyeleksi naskah yang masuk hingga terkumpul 30 kumpulan true story mengenai kisah para YUI Lovers. Tapi, kalo diliat dari kondisi yang sekarang kayaknya susah buat dapet 30 tulisan.


Sebelumnya ada masukan yang bilang kalo lebih baik proyeknya bikin fiksi aja. Tulisan-tulisan mengenai "Why We Are So In Love With YUI" pasti bakal monoton dan ngebosenin. Ceritanya bakalan itu-itu aja. Oke, gue sadar emang ada resiko ke sana. Tapi, gue yakin sudut pandang orang itu luas dan cerita mereka pun pasti akan berbeda-beda. Dan gue bakal mengeluarkan semua kemampuan gue untuk menjadikan buku ini bacaan yang menarik dan nggak ngebosenin tentunya. 


Gue bukannya nggak mau bikin fiksi sih.. Cuma menurut gue, baca fiksi itu belum tentu bisa meninggalkan bekas. Sedang kalo baca true story, seenggaknya kita bisa dapet sesuatu. Entah itu informasi baru, cerita baru, sudut pandang baru, dan lain sebagainya. Dari lubuk hati gue yang paling dalam, gue pengen semua orang yang kini baru mulai menyukai YUI atau telah meninggalkan YUI bisa bergabung lagi bersama kami, YUI Lovers Community. Komunitas yang sangat mencintai YUI.


Oke, balik ke konsep. Karena gak mungkin 30, dan untuk mencegah timbulnya kemonotonan maka gue putuskan untuk memangkasnya menjadi 10-15 cerita. Tergantung yang mengirim karyanya ada berapa nanti. Hahaha.


Gue seneng banget pas mas Leo dan mas Pradana menyambut baik niat gue.. Mas Pradana dengan senang hati mau berbagi kisahnya untuk buku ini. Di sini gue merasa sedikit lega. Selain mereka, gue juga udah menghubungi beberapa YUI lovers dan meminta mereka untuk ikutan proyek ini. Jujur gue lagi H2C, menanti keputusan mereka.


Gue udah PM mas Leo dan bilang ke beliau bahwa konsep buku YUI nanti bakal kayak gini.


KONSEP BUKU YUI
Daftar isi
Pendahuluan /Ucapan Terima Kasih
Profil YUI
Sejarah YUI Lovers Indonesia
YUI Lovers Story
YUI Quotes
Daftar Pustaka
Kontibutor



Pendahuluan, nanti isinya kayak latar belakang. Siapa kami? Apa tujuan pembuatan buku ini? Dan lain-lain. Biar ga ribet, kayaknya gue bakal gabung aja sama ucapan terima kasih. Nah Profil YUI itu udah jelas isinya tentang sejarah perjalanan, discography, deelel. Tapi gue usahain bagian yang ini bakalan bedan ama versi wikipedia. Sejarah YUI Lovers Indonesia, gue yakin masih banyak YL yang belom pada tau. Untuk urusan yang satu ini, gue serahkan pada mas Leo selaku ketua soalnya gue juga nggak tau sejarahnya.. Hehe


YUI Lovers Story, naah nantinya kumpulan true story hasil karya temen2 YL ada di sini. YUI Quotes, udah jelas lah dari namanya. Gue bakal ngumpulin kurang lebih 50 quotes YUI untuk halaman ini. Daftar pustaka, nanti ya isinya sumber-sumber mana aja yg udah gue pake pas pembuatan buku ini. Terakhir kontributor, isinya profil orang-orang yang udah menyisihkan waktunya untuk berpartisipasi dalam proyek ini.


Untuk saat ini, baru segitu aja yang ada di pikiran gue. Kalo ada saran atau usulan boleh ditulis di kolom komen. Arigatou gozaimasu, minasan. m(_ _)m

5 komentar on "Konsep Buku dan Behind The Book Proyek Nulis YUI"

Akira Tsubasa on 6 Februari 2012 17.06 mengatakan...

Wah, namanya sama. Tapi aku menghargai orang yg ga salah nulis namaku ^^

Kak, gmn klo judulnya diganti "how"? Kan klo di b.indo, mau bikin karya tulis pake pertanyaan yg jwbnnya luas.
Arigatou ^^

Cizu Chan on 7 Februari 2012 07.12 mengatakan...

Sebenernya kata Why itu cuma buat pembukaannya aja kok. :D
Kalo kamu mau tambahin 'How' di dlm tulisan kamu itu gak masalah. Malahan bagus. Jgn mentok sama pertanyaannya.

Kayak :
How do you live your life as YUI lover?
Apa aja yg dapat kita teladani dari YUI.
Semacam itu. :)

Arief Yoshioka on 7 Februari 2012 10.57 mengatakan...

proyek ini masih berjalnkah??, kalo masih sampai tanggal berapa??

Cizu Chan on 7 Februari 2012 11.23 mengatakan...

@Arief : masih, rif. :) Kalo mau kirim tulisannya ditunggu sampe 14 Februari, bisa nego dikit lah.. :3

Fey~ on 11 Februari 2012 16.00 mengatakan...

Ini yang dimaksud sama mimin Leo dengan "member jakarta yang mau buat buku" yah?
dan sepertinya ada salah paham dikit..
soalnya, di grup admin dan koor YI, cuma ngasih tau ada yang mau bikin buku soal YUI lover indo dan katanya belum di approve..
coba kak chizu tanyain lagi..

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates