Selasa, 20 Maret 2012

Batik Unyu, Bikin Gaul.



Lomba Blog Entry: Batik Indonesia Sebagai Warisan Budaya

Apa sih yang ada di pikiran kalian, saat mendengar kata "BATIK"?


Guru? PNS? Buat kondangan? Jadul? 


Sekarang adalah saatnya untuk membuang pikiran itu jauh-jauh. Kenapa? Karena batik itu sesungguhnya adalah kain yang "unyu". Dengan memakai batik, berarti kita ikut menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Selain itu, memakai batik juga merupakan upaya untuk menghargai dan mencintai produk dalam negeri.


Kain yang sudah dikenal sejak abad XVII ini, resmi diakui oleh UNESCO tahun 2009 silam, sebagai salah satu warisan dunia asli dari Indonesia. Prestasi yang sangat membanggakan bukan?! Jadi rasa bangga saat memakai batik itu, nggak kalah kok dengan mereka yang menggunakan barang-barang branded dari luar negeri. 


Udah gitu, motif batik pun semakin beraneka ragam sekarang. Ada motif umbrella, motif nanas, motif icecake, dan masih banyak lagi. Nggak percaya?! Liat aja nih, foto-foto yang diupload di batikindonesia.com.


Kain Batik cap Priangan Motif Ice Cake Beureum
Kain Batik cap Priangan Motif Ice Cake Beureum 

             

Selain motif-motif yang unik, terdapat juga berbagai model pakaian wanita yang keren dan gaya.

Dress Batik Cap Motif Sido Kombinasi ( M ) 
Syal Batik Tulis Kumpeni Bunga Hijau Toska 
Atau celana pangsi ini, untuk kado kerabat terdekat.

Celana Pangsi Batik Cap Kombinasi Kuning












Semua batik-batik unyu di atas, sekali lagi bisa didapatkan di situs batikindonesia.com. Harganya pun beragam dan nggak bikin kantong sampai jebol.

Sedikit cerita dari pengalaman saya dengan batik. Waktu SMA, saya pernah mengunjungi suatu tempat pembuatan batik di Kota Gede. Proses membuat batik itu benar-benar luar biasa. Untuk selembar kain saja, para pekerja batik itu harus mengerjakan berbagai hal yang rumit. 


Pertama-tama, mereka menggambar pola desain terlebih dahulu. Setelah itu, mereka harus menyalinnya di kain dengan menggunakan canting. Di samping mereka, ada panci yang berisi lilin panas. Belum lagi proses pewarnaannya harus diulang sampai 3 atau 4 kali. Dan kain itu harus direbus lagi dalam air panas.


Jadi, di dalam selembar kain batik tulis terdapat berjuta-juta tetes keringat, berjuta-juta kesabaran, dan berjuta-juta tekad untuk mencari nafkah. Maka tidak heran, bila harganya pun ada yang sampai berjuta-juta. Hoho


Ngomong-ngomong, untuk kalian yang menyukai hal-hal berbau Jepang seperti saya, sekarang sudah banyak loh Yukata (sejenis kimono namun tanpa lapisan) yang berbahan dasar batik. Saya jadi berpikir, memang seharusnya seperti itu. Walaupun kita menyukai budaya asing, kita juga tetap harus berpegang pada jati diri bangsa ini. 


Jadi, apakah sekarang kalian masih mengira bahwa batik itu hanya untuk kalangan guru dan PNS aja?? Hayoo, pikir ulang lagi yaa.. ^^


Selamat berbatik!!


**Disertakan pada lomba Blog Entry bertema Batik Indonesia, kerja sama Blogfam dan www.BatikIndonesia.com



1 komentar on "Batik Unyu, Bikin Gaul."

Marisa Agustina on 20 Maret 2012 08.57 mengatakan...

goodluck ya ngontesnya ^_^

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates