Senin, 19 Maret 2012

Pertemuan 4 s.d 6 : Belajar Dawai 5 & 6 hingga memainkan 3 Chord Dasar


Gara-gara sibuk ngerjain ini itu, gue jadi jarang posting di blog. =.= 


Sebenernya gue kangen banget curhat-curhat geje di blog, namun apa daya kesibukan gue belakangan ini bener-bener padat. Hoho.. Biar bagaimana, gue kan berusaha untuk menjalankan "Misi Bulan Maret". Biar nggak dibilang omdo, gitu.. Uhuyy


Langsung aja deh.. Gue mau ceritain pelajaran yang gue dapet pas les kemaren.


Pertemuan 4


Pas pertemuan ke-4, gue belajar tentang dawai 5 & 6. Fret yang dipake masih sama, yaitu fret 1 sampai 3. Nah abis itu nada yang dihasilkan untuk dawai ini adalah mi-fa-sol-la-si-do. Dawai 6, kalo dipetik lepas akan menghasilkan nada mi. Dawai 6 yang ditekan pada fret 1, akan menghasilkan nada fa. Dawai 6 yang ditekan pada fret 3, akan menghasilkan nada sol. Dawai 5 yang dipetik lepas akan menghasilkan nada la. Dawai 5 yang ditekan pada fret 2, akan menghasilkan nada si. Dawai 6 yang ditekan pada fret 3, akan menghasilkan nada do.



Pertemuan 5 



Setelah selesai belajar dawai 1-6, gue disuruh ngerecap nada dasar kunci C. Yaitu sebagai berikut :


mi : dawai 6, lepas fret
fa : dawai 6, fret 1
sol : dawai 6, fret 3
la : dawai 5, lepas fret
si : dawai 5, fret 2
do : dawai 5, fret 3
re : dawai 4, lepas fret
mi : dawai 4, fret 2
fa : dawai 4, fret 3
sol : dawai 3, lepas fret
la : dawai 3, fret 2
si : dawai 2, lepas fret
do : dawai 2, fret 1
re : dawai 2, fret 3
mi : dawai 1, lepas fret
fa : dawai 1, fret 1
sol : dawai 1, fret 3


Yang di atas itu harus dihapal dan dilancarkan lagi. Itu PR gue.


Pertemuan 6

Untuk pertemuan 6, gue belajar 3 chord dasar. Yaitu, C, G7, & F. Bass, pada dawai ke-4. Kunci C itu yang dipake cuma jari telunjuk (i) dan tengah (m). Jari telunjuk, diletakan pada fret 1 dawai 2. Jari tengah, diletakan pada fret 2, dawai 4. Lalu, bass (dawai 4) dipetik dengan jempol (p) sementara tiga jari lainnya (i-m-a) memetik 3 dawai di bawahnya.



Kunci G7 itu yang dipake cuma jari telunjuk. Jari telunjuk, diletakan pada fret 1 dawai 1. Lalu, bass (dawai 4) dipetik dengan jempol (p) sementara tiga jari lainnya (i-m-a) memetik 3 dawai di bawahnya.


Untuk kunci F, yang dipake adalah jari i-m-a. Jari telunjuk, diletakan pada fret 1 dawai 1 & 2. Jari tengah, diletakan pada fret 2, dawai 3. Jari manis, diletakan pada fret 3, dawai 4. Lalu, bass (dawai 4) dipetik dengan jempol (p) sementara tiga jari lainnya (i-m-a) memetik 3 dawai di bawahnya.


Catatan khusus untuk kunci F, menekan dua dawai sekaligus dalam posisi jari mendatar itu susah banget bos.. =.= Jadi, guru gue kasih tips agar jari telunjuknya diletakan miring aja. Sehingga tenaganya lebih maksimal. Yeah, it works, men.. 


Tambahan. 


Ini gue dapet hasil ngutak-ngatik senar* sendiri. Jadi, kemaren kan senar 1 gue putus. Terus gue nekat beli senar, dan gue pasang sendiri. Cara nyopotin buletannya, gue udah ngerti. Sekarang tinggal ngelilit di tempat puteran stemnya itu. Setelah belajar ngelilit-lilit sendiri, gue sukses bikin senar yang baru aja gue beli putus. =.=


Akhirnya setelah gue bbm temen gue, temen gue kasih pencerahan kalo ujung senarnya kudu dimasukin ke lobang dulu baru puterannya itu diputer sampe senarnya kenceng. Hasilnya? Ujungnya putus dikit, tapi senarnya masih bisa dipake. Yaay!! \(^o^)/


Sekarang masalah gue adalah mendapatkan stem'an yang benar. =.= Ganbarimasu!

0 komentar on "Pertemuan 4 s.d 6 : Belajar Dawai 5 & 6 hingga memainkan 3 Chord Dasar"

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates