Kamis, 05 April 2012

Mari Mengawali Bulan April Dengan..


Walaupun ini udah tanggal 5, tapi nggak ada salahnya kan kalo gue bilang masih awal-awal?! :3 


Kemaren, sodara-sodara gue yang tinggal di daerah Kapuk (dulu gue tinggal di sana) nginep di rumah gue. Karena hujan belakangan ini lagi garang-garangnya, daerah Kapuk yang boleh dibilang udah biasa, terkena banjir. Jadi sodara-sodara gue yang mencakup nenek, om, dan adek sepupu gue itu bukan hanya sekedar nginep. Mereka ngungsi, karena rumah mereka kebanjiran.


Dulu, lebih kurang tahun 2007. Gue juga pernah mengalami kesengsaraan yang serupa. Hujannya lebih parah dari yang terjadi sekarang. Gue yakin kalian mungkin masih inget gimana parahnya hujan waktu itu, karena daerah tempat kerja gue yang biasa nggak kena banjir itu sampe banjir sepaha (beneran sepaha orang, bukan sepaha kucing yehh..)



Waktu itu, gue nggak bisa pulang ke rumah gara-gara banjirnya dalem. Bokap gue yang mau ngejemput, motornya mogok. Gue bersama-sama dengan beberapa temen kantor gue jalan kaki sambil kerobokan menerobos air banjiran yang item, kotor, bau, dan sebagainya. Berhubung gue dari kecil udah akrab sama yang namanya banjir (dari lahir gue tinggal di Kapuk yang selalu kebanjiran), gue nggak terlalu merasa yang gimana-gimana kayak jijik, cape, dsb.


Rumah gue sendiri, bukan sih.. Itu rumah orang lebih tepatnya. Rumah kontrakan gue yang dulu itu lantai rumah sama jalanannya masih lebih tinggi jalanan. Jadi kalian bisa bayangin, kalo jalanan banjir berarti rumah gue udah tenggelam. Di jalanan baru sebetis, di rumah gue udah seperut. Dan setiap musim banjir selesai, gue sekeluarga masih harus bersih-bersih rumah lagi. Yang nyerokin airnya lah.. yang bersihin sampah-sampahnya lah. Yang paling ngenes, udah orang lagi susah gitu, ada aja tetangga yang mulutnya pada rese. 


Gue juga harus terbiasa untuk ngungsi kalo rumah yang kami tempatin itu udah nggak bisa dipake tidur lagi. Biasanya, tempat andalan untuk ngungsi itu di Kelurahan Kapuk. Yang paling gue sebelin kalo ngungsi itu adalah, terkadang orang-orang itu pada nggak jaga kebersihan. Mandi, pake kompor, dsbnya juga harus tunggu-tungguan. Gue yang cuma seminggu ngungsi aja nggak betah, men. Jadi kalian bisa bayangin gimana perasaan temen-temen kita yang udah bertahun-tahun harus tinggal di pengungsian.


Sekitar tahun 2009, gue nekat pinjam uang ke bos gue untuk pindah ke tempat yang lebih kering. Waktu itu, gue pindah ke daerah Kayu Besar. Gue bersyukur sejak kepindahan gue ke daerah itu (sekarang gue tinggal di Dadap, karena deket ke tempat kerja), gue udah nggak pernah ngalamin lagi yang namanya kebanjiran.


That's why, gue sebel banget kalo liat ada orang yang buang sampah di jalanan. Walaupun gue tau, di pinggir jalan suka ada orang yang bertugas menyapu jalanan, tapi bukan berarti dia boleh buang sampah seenak jidatnya. Men, mungkin orang yang suka buang sampah sembarangan itu nggak pernah kebanjiran. Jadi mereka nggak tau, ada orang-orang harus bersusah payah untuk membersihkan sampah dari rumahnya yang terbawa air banjir.


Kedatangan sodara-sodara gue, membuat gue jadi terkenang masa lalu. Karena itu, gue ingin mengawali bulan April ini dengan penuh rasa syukur. Bersyukur karena gue nggak harus kebanjiran lagi kayak yang dulu-dulu. Selain itu, gue juga ingin lebih menjaga dan mencintai lingkungan. Walaupun gue belom bisa bantuin beresin sampah, tapi seenggaknya gue nggak akan buang sampah sembarangan. :3 


Hoho. 


Go Green!

2 komentar on "Mari Mengawali Bulan April Dengan.."

Linda on 5 April 2012 09.07 mengatakan...

kebanjiran emang paling menyedihkan, sedih liat barang2 terendam air. belum lagi beberes dari sisa2 genangannya. yg sabar ya, semoga the next Gubernur bisa bikin jakarta bebas banjir, aamiin

Marisa Agustina on 5 April 2012 13.39 mengatakan...

prihatin saya denger berita banjir jakarta di bulan april ini. masih ya *sigh*
btw, soal buang sampah sembarangan, saya setuju ... biasakan sekecil apapun sampahnya mbok ya dibuang di tempatnya ya .. kadang keseeel banget pas ngeliat orang bermobil mewah lewat kemudian mereka buka kaca dan plung lempar sampah ke jalanan, eerrgghhh!
:))

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates