Senin, 06 Agustus 2012

"Loser" Never Be Alone


Dulu, saat gue masih remaja (aseek), kurang lebih sekitar SMP atau SMA lah, gue suka ikutan lomba-lomba nulis di majalah. Dengan semangat 45 yang gue punya, gue kirim berbagai hasil karya tulis gue mulai dari esay, cerpen remaja, sampe cerpen anak-anak dengan menggunakan jasa pos (waktu itu e-mail masih belom banyak dipake).


Saat itu, gue cukup yakin dengan hasil tulisan gue. Dan gue pede, gue bisa dapet salah satu tempat di daftar nama pemenang. Gue pun mulai mengkhayal akan begini begitu jika gue benar-benar dapat hadiahnya. Akhirnya tanggal pengumuman pun tiba. Ternyata hasilnya nggak sesuai harapan gue. Nama gue nggak tercantum dimana pun. Bahkan di urutan pemenang favorit pun nggak ada. Bukan maen kecewanya hati gue. Gue merasa drop dan mulai kehilangan minat pada menulis.


Itu dulu.. Lalu gimana dengan sekarang?



Setelah beberapa lama dan mengalami banyak hal, gue mulai mencoba menulis kembali. Dan langkah pertama yang gue ambil untuk mengawali kembalinya gue pada dunia ini adalah gue bikin blog. Meskipun saat awal-awal gue bikin blog gue sempet beberapa kali ganti nama URL, sempet hiatus setahun lebih, dan masih belom rajin posting, tapi akhirnya gue bisa menikmati kembali dunia penulisan. Terutama blogging.


Dari blogging, gue mulai mencoba-coba kembali ikut lomba-lomba dari mulai lomba review, lomba blog, bahkan lomba cerpen. Diantara sekian banyak lomba yang gue ikuti, gue cuma pernah menang sekali (itu pun cuma pemenang pilihan aja). Selebihnya, gue kalah. Lalu apa yang berbeda? Kini, gue udah bisa bersikap lebih santai saat menghadapi kekalahan.


Mungkin memang mengecewakan saat kita kalah dalam sebuah perlombaan, tapi setelah gue pikir-pikir sebenernya kalah itu nggak buruk-buruk amat kok. Dan ngapain merasa drop hanya karena kita sering kalah?!


Yang gue tau, jumlah pemenang dengan jumlah yang kalah itu bedanya jauh banget. Katakanlah, dalam sebuah lomba jumlah pesertanya ada 300 dan yang menang ada 3 orang. Itu artinya, ada 297 orang yang kalah. Kalo kita menyadari bahwa kita punya teman sebanyak 296 orang yang juga merasakan pahitnya kekalahan, maka seharusnya kekalahan tidak terdengar begitu buruk lagi bukan?!


Jadi, santai aja saat kita belum berhasil memenangkan sesuatu. Ingatlah bahwa seorang "loser" itu selalu punya banyak teman. Tapi jangan keenakan jadi "loser" juga, komandan! Kalah juga bukan berarti kita nggak punya bakat. Gue sendiri percaya setiap orang diberikan kelebihannya masing-masing. Gue percaya dengan yang namanya bakat. Namun, bakat itu bukan satu-satunya penentu keberhasilan seseorang. Gue yakin seseorang yang konsisten berlatih keras untuk mencapai keahlian tertentu, tidak membutuhkan bakat untuk berhasil. Ia menciptakan bakatnya sendiri. :)


Jadi, apa ada sobat sekalian yang baru kalah lomba?


Santai aja.. "Loser" never be alone.


Tetap berjuang, ya!! :D FIGHTING!!

3 komentar on ""Loser" Never Be Alone"

Efnu mubarok on 6 Agustus 2012 17.17 mengatakan...

Setuju nih, kalah bukan berarti kita berhenti berjuang.
Jangan terus-terusan jadi juru kunci, semangat ! :)

Wening Sekar on 9 Agustus 2012 12.01 mengatakan...

Ah, rasanya plong gitu baca tulisanmu Mbak. Ternyata aku gk sendirian.
Dan aku merasa kita ada persamaan dalam "perjalanan" menulis kita. Dulu sering ikutan lomba tapi gk pernah menang, menang dapat predikat juara baru sekali, dulu hobi banget nulis sampai ada masa kita jarang nulis, lalu memulai kembali kehidupan nulis dengan blog, pernah hiatus lama juga dari penulisan blog.
Suwun dah untuk tidak membiarkan orang seperti kita ini sendirian ^^

Cizu Chan on 10 Agustus 2012 07.22 mengatakan...

@Efnu : Semangat!! :) Pemenang sesungguhnya adalah mereka yg mampu bangkit setelah jatuh. Hoho *sok bijak*

@Wening : Hoho.. Saya yakin mungkin di luar sana banyak juga yang senasib dgn kita. :3 Kata orang kunci sukses itu sederhana "Jangan pernah menyerah." Kalo kata YUI "Faito!!" :D

Posting Komentar

Posting tanpa komentar, bagai ayam KFC nggak pake saos. Yuk ngomentarin posting saya.. :3

Followers

Space For Rent

 

Refresh My Mind Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Buy Unlocked iPhone | Marital Affair | Blogger Templates